Pola Ekor Murai Medan Asli – Seperti yang kita ketahui bahwa burung murai batu hampir ada disetiap daerah seperti Medan, Sumatera, Kalimantan, Papua, Jawa dan masih banyak daerah lainnya.

Baca: Pola Ekor Murai Batu Berdasarkan Daerah Asal

Dan hampir disetiap daerah memelihara burung murai batu untuk diternakkan agar menghasilkan anakan murai batu untuk dipelihara sendiri maupun dijual kepada pencinta murai batu.

Seringkali kita lihat di group jual beli facebook, burung murai batu dijual dengan diberi keterangan asal burung tersebut seperti Medan, Kalimantan, Aceh, Nias dan sebagainya. Bisa saja si penjual berbohong tentang asal burung murai batu tersebut. Karena sangat sulit untuk membedakan murai batu tersebut berasal dari mana. Tetapi kali ini saya akan membantu mengetahui murai Medan asli berdasarkakn pola ekor murai Medan tersebut.

Setiap murai batu mempunyai ciri khas pada pola ekornya berdasarkan daerah asal murai batu tersebut. Jadi teman-teman yang sedang ingin membeli murai batu Medan, jangan asal percaya saja terhadap penjual. Teman-teman bisa mengenali pola ekor murai Medan untuk  mengetahui asal murai batu tersebut benar dari medan apa bukan.

Sesungguhnya murai medan ini hanyalah tinggal nama dan asalnya saja, karena murai batu medan sudah dikembangbiakkan disetiap daerah. Tetapi meskipun demikian, ciri fisik dan pola ekor murai medan tidaklah berubah. Tetap menjadi ciri khas murai batu medan.

Ciri-ciri murai Medan berdasarkan pola ekor murai Medan

Tanda ekor setengah dari pangkal ekor berwarna hitam dan setengah dari ujung ekor berwarna putih.

– Memiliki bentuk ekor tipis dan memanjang sampai dengan 22 – 30 cm
– Memiliki suara yang keras dan lantang
– Mentalnya kuat dan pemberani

Pola Ekor Murai Medan

Gambar diatas adalah pola ekor murai Medan dan murai batu daerah lain.

Ciri-ciri Murai Batu Medan Super Asli

Murai batu medan tentu saja memiliki ciri-ciri umum yang berbeda dari murai batu daerah lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri murai batu medan asli.

Pola Ekor Murai Medan 2

  1. Murai batu Medan yang sudah berumur diatas 5 bulan sudah bisa dibedakan ciri fisiknya. Tetapi kalau usianya masih dibawah 5 bulan agak sulit untuk membedakannya dengan murai batu daerah lain.
  2. Murai batu Medan memiliki ekor yang panjang dengan rata-rata panjang ekor diatas 25 cm. Ekor murai batu Medan umumnya berbentuk melengkung, tetapi adapula yang berbentuk lurus dan sedikit pendek.
  3. Murai batu Medan memiliki postur tubuh yang besar, lebih besar dari murai batu daerah lain. Selain memiliki postur tubuh yang besar, murai batu Medan lebih tegap dan tampak gagah jika dibandingkan dengan murai batu daerah lain.
  4. Murai batu Medan memiliki warna bulu yang sekilas terlihat hitam kelam dan agak mengkilap. Tetapi jika terkena sinar matahari, bulu murai batu Medan tampak sekilas berwarna biru semu.
  5. Murai batu Medan memiliki warna kaki yang merah gelap. Burung murai batu Medan dewasa memiliki kaki yang bersisik serta terdapat lekukan yang panjang.
  6. Murai batu Medan memiliki warna putih diseputar pangkal ekor sampai ke paha.
  7. Murai batu Medan memiliki kicau yang keras dan nyaring. Suaranya juga bermacam-macam. Burung ini bisa menirukan suara burung lain.
  8. Apabila bertemu dengan murai batu lain, murai batu Medan ini akan tampak lebih tegap dengan suara yang semakin kencang dan ekor berkipas-kipas seolah-olah menantang.

Itulah cara membedakan murai batu Medan berdasarkan pola ekor murai Medan dan berdasarkan ciri-ciri umum Murai Medan Asli. Semoga cara ini bermanfaat dan menambah ilmu bagi penggemar murai batu Medan.

Baca juga: 7 Cara Merawat Murai Batu Yang Benar Biar Gacor

 

Komentar

Komentar