Cara Merawat Cucak Ijo – Burung Cucak Ijo adalah salah satu dari sekian banyak burung kicau yang disenangi oleh penggemar burung. Permintaan burung cucak hijau dikalangan penggemar burung tergolong tinggi hampir menyamai burung murai batu. Suara kicau burung cucak ijo yang lantang dan bervariasi yang keluar dari paruh burung ini betul-betul memukau para penggemar burung.

cara merawat cucak ijo

Akan tetapi mendapatkan cucak ijo yang jinak dan gacor bukanlah hal yang mudah. Karena burung cucak ijo yang sudah gacor tentu saja harganya tinggi dan relatif jadi rebutan para penggemar burung. Salah satu cara agar anda bisa mendapatkan burung cucak ijo yang jinak dan gacor adalah membeli cucak ijo bahan kemudian merawatnya agar bisa jinak dan gacor. Anda bisa belajar sendiri cara merawat cucak ijo biar jinak dan gacor.

Meskipun cara merawat cucak ijo biar jinak dan gacor bukanlah perkara mudah, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Karena seorang penggemar burung tentu saja sudah memiliki pengalaman merawat burung. Karena cara merawat cucak ijo ini tidak terlalu berbeda dengan cara merawat burung lainnya.

Tetapi karena biasanya burung cucak ijo ini masih liar dikarenakan hasil tangkapan dihutan memerlukan teknik khusus untuk perawatannya agar bisa jinak dan gacor. Karena burung cucak ijo hasil tangkapan tersebut harus dijinakkan dulu baru bisa diberi pemasteran. Berikut ini adalah cara merawat cucak ijo biar jinak dan gacor.

cara merawat cucak ijo biar jinak dan gacor

1. Pemilihan Pakan Cucak Ijo

Seperti yang kita ketahui, makanan cucak ijo di alam liar adalah buah-buahan segar seperti pisang dan pepaya serta serangga seperti jangkrik dan belalang. Pemberian pakan cucak ijo yang tepat dapat membuat burung cucak ijo anda lebih jinak dan lebih gacor.

2. Sangkar Cucak Ijo

Kebiasaan cucak ijo ini ketika berada dialam liar adalah selalu aktif bergerak dan terbang kesana kemari. Sehingga pemilihan sangkar yang tepat adalah sangkar yang berukuran besar. Agar cucak ijo anda tidak bosan bergerak kesana kemari.

3. Tangkringan Cucak Ijo

Berikan dua buah tangkringan dan pasang sejajar, karena cucak ijo sering meloncat-loncat dan berpindah-pindah. Cucak ijo yang bisa bergerak leluasa didalam sangkar biasanya lebih sehat.

4. Tempat Mandi Cucak Ijo

Siapkan wadah tempat mandi cucak ijo didalam sangkar. Karena cucak ijo ini mempunyai kebiasaan sering mandi. Tentu saja kebiasaan sering mandi ini akan membuat cucak ijo anda lebih sehat. Tetapi ada juga cucak ijo yang malas mandi. Apabila cucak ijo anda malas mandi, maka anda harus memandikannya dengan cara penyemprotan.

Memandikan cucak ijo adalah saat pagi dan sore yaitu sekitar pukul delapan pagi dan pukul tiga sore. Usai memandikannya sebaiknya burung ini dijemur agar cepat kering.

5. Kebersihan Sangkar

Sangkar yang penuh kotoran dapat menyebabkan cucak ijo sering terserang penyakit yang berasal dari kotoran-kotoran didalam sangkar. Membersihkan sangkar dapat membuat cucak ijo menjadi lebih nyaman dan bersih.

6. Pemasteran Cucak Ijo

Pemasteran cucak ijo ini harus dilakukan agar cucak ijo anda menjadi gacor dan siap untuk mengikuti lomba kicau. Anda bisa memaster cucak ijo ini kapan saja. Pagi, siang, sore dan malam hari adalah waktu yang cocok untuk memaster cucak ijo. Lakukan pemasteran sesering mungkin agar cucak ijo semakin gacor.

Baca juga: Alamat Peternak Lovebird Bandung Terbesar

Demikianlah cara merawat cucak ijo biar jinak dan gacor yang dapat anda praktekkan. Apabila anda mengikuti langkah-langkah diatas, dapat dipastikan dalam waktu dekat cucak ijo anda menjadi jinak dan gacor.

Baca juga: Cara Merawat Murai Batu Yang Benar Biar Gacor

 

Komentar

Komentar