Ikan betutu – Nama ikan betutu memang masih asing ditelinga kita. Tetapi siapa sangka, ikan adalah ikan yang sudah dikenal dunia dan banyak terdapat diperairan tawar di Indonesia. Ikan betutu ini ternyata dagingnya gurih dan disukai banyak orang sehingga harga ikan betutu ini tergolong mahal. Ikan betutu seringkali disajikan sebagai menu utama di restoran mewah dan hotel berbintang.

Ikan Betutu

Sebenarnya hampir setiap daerah di Indonesia terdapat ikan betutu diperairan tawar atau sungai-sungai. Hanya karena namanya yang berbeda-beda disetiap daerah menjadikan ikan ini susah dikenali. Di Indonesia ikan betutu juga dikenal dengan nama bakut, bakutut, belosoh, boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan malas, ikan hantu dan sebagainya. Jadi disetiap daerah di Indonesia ikan betutu ini memiliki nama yang berbeda-beda. Mungkin nama ikan ini yang berbeda-beda tiap daerahlah yang menyebabkan sulitnya mendapatkan informasi bahwa ikan ini tergolong ikan yang harganya mahal.

Ikan betutu yang dalam bahasa Inggrisnya marble goby atau marble sleeper ini dapat anda jumpai dalam menu ikan mewah di restoran-restoran mewah dan hotel berbintang. Harga menu ikan betutu ini bisa mencapai Rp. 250.000,- hingga Rp.350.000,- per kilogramnya. Bayangkan betapa mahalnya harga ikan betutu ini. Dan budidaya ikan betutu ini diyakini sangat menjanjikan karena peminatnya banyak dan mencarinya pun masih susah.

Mungkin anda masih bertanya-tanya mengapa harga ikan betutu ini bisa mahal? Ikan betutu bisa berharga mahal tentu saja karena dagingnya yang empuk, memiliki cita rasa yang lezat dan sedikit tulang adalah alasannya. Selain itu ikan ini juga mengandung banyak vitamin yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat ikan inilah yang membuat harga ikan ini melambung tinggi.

Seperti yang kita lihat diatas, ikan betutu ini disebut juga ikan malas. Mengapa disebut ikan malas? Karena diair tempat tinggalnya, ikan betutu ini adalah ikan yang pendiam, ikan betutu bisa diam selama berjam-jam ditempatnya. Kebiasaan ikan betutu yang suka berdiam diri inilah yang menyebabkan orang menamainya ikan bodoh atau ikan malas. Apabila sedang kenyang, ikan ini sama sekali tidak akan mengindahkan makanan yang lewat didepannya. Sehingga untuk memancing ikan ini sangat sulit sekali.

ikan betutu 1

Lalu adapula kita baca diatas beberapa daerah menyebut ikan betutu ini adalah ikan hantu. Mengapa demikian? Karena jika kita lihat dari fisik ikan betutu ini memang menyeramkan, bentuk kepala ikan betutu yang gepeng dan cekung, matanya yang besar seperti mata kepiting serta gigi-gigi yang tajam dan bermulut lebar.

Di air tawar, ikan betutu hidup berkoloni diperairan yang tenang dan tidak mengalir deras, karena kebiasaan ikan ini yang malas menyebabkan mereka lebih senang diperairan yang tenang. Ikan betutu ini menempel pada dasar sungai yang berlumpur dengan kedalaman sekitar satu meter. Apabila sedang lapar, maka ikan ini akan bersembunyi dibawah batu-batu atau tumbuhan untuk mengintai mangsa yang lewat.

Banyak orang yang masih meragukan budidaya ikan betutu ini karena ikan ini sepertinya sulit untuk dikembangbiakkan jika melihat dari kebiasaan ikan ini yang tidak agresif dalam mencari makan. Tetapi sudah ada beberapa orang yang melakukan percobaan budidaya ikan betutu ini untuk mensuplay permintaan pasar yang ramai. Bahkan ada yang membudidayakan ikan betutu ini dalam kolam rumahan.

Budidaya ikan betutu tergolong mudah karena ikan ini mudah beradaptasi dengan perubahan iklim dan cuaca, kebiasaan dihabitatnya yang hidup diair kotor menjadikan ikan ini tahan terhadap segala jenis kualitas air. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika air kolam ikan ini sudah kotor. Untuk benih budidaya ikan betutu anda bisa mencarinya diperairan tawar yang banyak dijumpai ikan ini. Karena penjual bibit benih ikan betutu masih sulit dicari.

Hal lain yang masih sulit untuk membudidayakan ikan betutu ini adalah makanan ikan betutu yang termasuk kategori karnivora tidak mau memakan pelet atau pakan buatan. Karena makanan ikan betutu ini adalah binatang-binatang air kecil yang bergerak liar, ikan-ikan kecil atau cacing tanah yang masih hidup. Ikan ini memiliki sifat yang sama dengan ikan gabus. Seperti ikan gabus, ikan ini lebih senang memburu mangsanya yang masih hidup dan bergerak. Tetapi bedanya dengan ikan gabus adalah, ikan betutu hanya mau mengejar mangsanya apabila perutnya sudah lapar.

Ikan betutu yang siap dikonsumsi biasanya sudah memiliki berat sekitar 400gram. Untuk menghasilkan ikan betutu yang beratnya mencapai 400gram dibutuhkan waktu sekitar satu tahun pembudidayaan. Sangat lama, tetapi apabila pembudidayaan mencapai 500 ekor benih ikan betutu saja sudah menghasilkan puluhan juta selama satu tahun pembudidayaan.

Demikianlah informasi tentang Ikan Betutu sebagai prospek yang menjanjikan yang berhasil saya kumpulkan. Semoga bermanfaat untuk menambah keyakinan anda untuk berbudidaya ikan betutu ini. Karena melihat dari harga ikan betutu yang mahal, ikan ini sangat layak untuk dibudidayakan dan sangat menghasilkan.

Komentar

Komentar