Cara Merawat Murai Batu – Burung murai batu adalah jenis burung yang fenomenal dan bernilai tinggi. Banyak sekali pencinta burung yang memiliki burung murai batu ini sebagai koleksi. Bahkan satu orang pun bisa memiliki puluhan ekor burung murai batu. Burung murai batu memiliki suara kicau yang merdu, berbulu hitam dan orange serta memiliki ekor yang panjang. Burung murai batu yang sudah gacor dan sering memenangkan lomba kicau harga jualnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Fantastis bukan!

Cara Merawat Murai Batu

Banyak penggemar burung yang menangkar atau mengembangbiakkan burung murai batu ini. Tentu saja usaha ternak murai batu ini sangat menjanjikan mengingat harga burung murai batu ini yang tidak pernah turun bahkan cenderung naik karena semakin sulit untuk mendapatkan burung ini.

Burung Murai Batu berasal dari berbagai macam daerah seperti Medan, Kalimantan, Lampung, Aceh, Sumatera, Nias dan berbagai daerah lainnya. Namun burung murai batu ini memiliki ciri khas yang berbeda-beda setiap daerahnya. Perbedaan ini terdapat pada pola ekornya.

Baca: Pola Ekor Murai Batu Berdasarkan Daerah Asal

Tetapi, cara merawat murai batu ini adalah perkara yang sulit. Apalagi jika anda adalah orang yang baru dalam dunia burung. Cara merawat murai batu yang benar biar gacor banyak dikeluhkan orang karena mereka kesulitan dalam merawat murai batu miliknya.

Selain agar gacor, cara merawat murai batu yang benar ini juga dapat menghindarkan burung kesayangan anda dari serangan penyakit. Berikut ini adalah cara merawat murai batu yang benar biar gacor yang dapat anda praktekkan.

Cara Merawat Murai Batu Yang Benar Biar Gacor

1. Mengangin-anginkan Burung Murai Batu

Mengangin-anginkan burung murai batu adalah langkah pertama cara merawat murai batu biar gacor dan ngeplong. Apalagi murai batu anda tersebut untuk lomba. Sebelum anda memandikan burung murai batu ini, letakkan burung di luar rumah ditempat terbuka agar burung bisa mendapatkan angin segar. Selain itu agar burung murai batu anda dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar rumah. Lakukan proses penganginan ini sekitar setengah jam.

2. Memandikan Burung Murai Batu

Ada dua cara memandikan burung murai batu ini yang dapat anda lakukan yaitu dengan cara disemprot atau dimasukkan kedalam kurungan pemandian burung. Memandikan burung murai batu ini dapat menjadikan burung segar dan bersih serta memiliki daya tahan tubuh yang tinggi terhadap penyakit.

3. Membersihkan Sangkar Burung Murai Batu

Seperti yang kita ketahui, rumah yang bersih dapat menjadikan penghuninya sehat dan riang. Tidak ubahnya dengan sangkar burung murai batu ini. Sangkar yang bersih dapat menyehatkan burung. Karena kotoran-kotoran yang terdapat pada sangkar burung ini adalah sumber penyakit yang dapat menyerang burung murai batu anda kapan saja. Bersihkan semua kotoran, bekas makanan dan ganti air minum burung setiap hari.

 4. Beri Jangkrik Sebagai Sarapan

Setelah burung murai batu dimasukkan kedalam sangkar yang sudah anda bersihkan, berikan pakan jangkrik sebagai sarapannya. Tidak perlu banyak-banyak. Anda cukup memberikan sekitar lima ekor jangkrik saja. Cara memberikan jangkrik ini letakkan ditempat makanan burung murai batu tersebut. Pemberian pakan jangkrik ini adalah setiap pagi dan sore.

5. Beri Kroto Sebagai Pakan Tambahan

Memberi pakan Kroto pada burung murai batu kesayangan anda jangan terlalu sering disamping harga kroto yang cukup tinggi juga dapat memberikan efek samping yang kurang baik. Beri pakan kroto cukup seminggu sekali serta sesekali anda berikan cacing sebagai pakan tambahan. Dan jangan lupa untuk memberikan multivitamin kepada burung murai batu kesayangan anda agar kesehatan burung tetap terjaga.

 6. Menjemur burung

Setelah burung murai batu selesai sarapan, jemurlah burung murai batu anda tersebut. Tempat penjemuran burung murai batu ini adalah ditempat yang sepi dalam arti kata tidak terlihat dan tidak melihat burung murai batu lainnya. Lakukan penjemuran sekitar satu jam saja. Sinar matahari pagi sangat baik untuk vitamin bagi burung. Setelah satu jam, letakkan burung ditempat yang teduh.

7. Desain Lingkungan Burung Alami

Burung murai batu akan lebih cepat gacor apabila berada dilingkungan yang alami seperti habitatnya sendiri. Anda bisa memasukkan burung kedalam sangkar yang besar yang didalamnya berisi tanaman-tanaman pot. Atau bisa juga sangkar burung murai batu digantung ke atas pohon yang dilingkungannya banyak terdapat pepohonan. Tentu saja hal ini dapat membantu burung murai batu anda betah dengan lingkungan alami serta menjadikannya cepat gacor.

Itulah 7 cara merawat burung murai batu yang benar biar gacor yang dapat anda praktekkan. Lalukan 7 cara merawat burung murai batu diatas secara berurutan setiap hari. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama burung murai batu kesayangan anda menjadi gacor.

Baca juga: Cara Merawat Cucak Ijo Biar Jinak dan Gacor

Komentar

Komentar