Salah satu sumber daya alam terbesar Indonesia adalah batubara yang melimpah. Manfaat dan kegunaan batubara yang penting menjadikan Indonesia salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Hampir semua negara membutuhkan batubara ini sebagai bahan bakar.

5 Kegunaan Batu Bara yang Penting Kita Ketahui

Sebelum kita mengetahui kegunaan batubara, ada baiknya kita mengetahui dulu pengertian batubara ini. Batubara adalah sisa-sisa tumbuhan yang mengendap didalam tanah selama jutaan tahun dan sudah menjadi fosil. jadi wajar saja jika batubara digunakan sebagai bahan bakar.

Melihat pemanfaatan batubara yang sangat banyak serta harga batu bara yang mahal, menarik perhatian dari investor-investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk membuat tambang batubara dan mengeruk sumber daya alam Indonesia ini lalu kemudian menjualnya ke negara-negara lain dengan harga yang tinggi.

Banyaknya kegunaan batubara ini membuat negara-negara lain mengantri untuk membeli batubara di Indonesia dan mereka pun sanggup membayar mahal untuk satu tongkang batubara. Info yang saya dapatkan dari salah seorang security tambang batubara, bahwa harga batubara satu tongkang yang bermuatan sekitar 15.000 ton itu mencapai 3 Milyar.

Berikut ini adalah 5 kegunaan batubara yang penting untuk kita ketahui.

1. Sumber Tenaga Pembangkit Listrik

Kegunaan batubara yang pertama adalah sebagai bahan bakar utama pembangkit listrik. Sebuah pembangkit listrik yang menghasilkan pasokan listrik dalam sebuah negara tentu saja membutuhkan sumber tenaga. Pemanfaatan batubara sebagai sumber tenaga ini sangatlah tepat. Karena dengan batubara ini dapat menghasilkan listrik dengan tegangan yang sangat tinggi.

Agar batubara bisa digunakan menjadi bahan bakar harus dikonversi terlebih dahulu kedalam bentuk uap panas. Batubara yang sudah dihaluskan kemudian dibakar menggunakan mesin ketel uap. Uap inilah yang akan menjadi sumber energi panas yang dihubungkan ke kumparan magnet penggerak mesin. Gerakan mesin ini akan menghasilkan listrik. Bahan bakar pembangkit listrik menggunakan batubara lebih hemat daripada menggunakan bahan bakar lain. Itulah mengapa negara-negara lain sangat membutuhkan batubara ini.

2. Bahan Bakar Cair

Kegunaan batubara yang kedua adalah sebagai bahan bakar cair. Bahan bakar cair yang dimaksud adalah sebagai pengganti bahan bakar minyak. Pemanfaatan batubara sebagai bahan bakar cair ini juga lebih efektif dan lebih hemat. Batubara di daur ulang dengan cara tertentu sehingga menjadi bahan bakar cair sebagai pengganti bahan bakar minyak. Beberapa negara di dunia sudah mempelajari tentang cara pengelolaan batubara menjadi bahan bakar cair.

3. Bahan Bakar Utama Industri Penghasil Baja

Kegunaan batubara yang ketiga adalah sebagai bahan bakar utama industri penghasil baja. Baja adalah besi yang mempunyai level kekerasan tertinggi. Setiap negara pasti membutuhkan baja untuk bahan pembangunan, namun tidak setiap negara bisa memproduksi baja. Produksi baja ini tentu saja membutuhkan biji besi yang banyak dan tidak semua negara bisa menghasilkan biji besi.

Karbon yang terkandung di batubara dapat menghasilkan energi panas yang sangat tinggi. Hal ini rupanya dimanfaatkan orang untuk dapat menjadikan batubara sebagai bahan bakar utama pengolahan baja. Karena proses pembuatan baja ini memerlukan energi panas yang sangat tinggi. Pembakaran besi menjadi baja adalah dengan menggunakan karbon.

4. Bahan Bakar Utama Industri Plastik

Panas yang dihasilkan dari batubara ini ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengolah biji plastik menjadi plastik yang unggul. Menggunakan bahan bakar dari batu bara ternyata dapat mengolah plastik yang berkualitas bagus. Mengingat semua negara membutuhkan bahan plasti untuk kehidupan sehari-hari warganegaranya, membuat produsen plastik berlomba-lomba untuk memenuhi permintaan impor plastik dari berbagai negara. Hal ini rupanya juga dimanfaatkan oleh investor tambang batubara.

5. Memproduksi Bahan Pewarna

Kegunaan batubara ini ternyata bisa menghasilkan bahan pewarna. Batubara yang sudah digiling kemudian dicampur dengan bahan pembuat warna dapat menghasilkan bubuk pewarna yang berkualitas tinggi, tahan cuaca dan lebih aman digunakan. Zat-zat yang terkandung didalam batubara memiliki ketahanan yang tinggi.

Itulah 5 kegunaan batubara yang penting untuk kita ketahui. Masih banyak manfaat batubara yang digunakan sebagai bahan bakar suatu usaha industri. Banyaknya manfaat batubara itulah yang membuat orang asing begitu antusias membuka tambang batubara di Indonesia tercinta ini.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 

Pemanfaatan Minyak Bumi dan Gas di Indonesia

Komentar

Komentar